PROGRAM KREATIFITAS
MAHASISWA
PEMANFAATAN
UBI JALAR UNGU SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN ES KRIM
PKM Kewirausahaan
(PKM - K)
Disusun oleh:
Yushinta Ayu Rahma 130403010006
Retno Anggrasari
Purnomo 130403010008
UNIVERSITAS
KANJURUHAN
MALANG
2014
HALAMAN PENGESAHAN
- Judul Kegiatan : Pemanfaatan ubi jalar ungu sebagai bahan pembuatan es krim
- Bindan Kegiatan : PKM-K
- Bidang Ilmu: Pendidikan
- Ketua Pelaksana Kegiatan:
a.
Nama Lengkap : Yushinta Ayu Rahma
b.
NIM :
130403010006
c.
Jurusan : Falkutas Teknologi informasi
d.
Universitas :
Kanjuruhan Malang
- Anggota Pelakasana Kegiatan : 2 Orang
- Dosen Pendamping
a.
Nama Lengkap dan Gelar :
Amak Yunus Ep, M.Kom
b.
NIDN :
c.
Alamat Rumah dan No. HP :
- Biaya Kegiatan Total :
a. Dikti
: Rp.8.035.000
b. Sumber Lain : -
- Jangka Waktu Pelaksanaan : 2 Bulan
Malang, 17 November 2013
Menyetujui,
Dosen
pengajar metode penelitian ketua
pelaksanaan
MOH.Fausi, S.Pd Yushinta
Ayu Rama
Dekan Fakultas Dosen
pendamping
Yusriel Ardian, S.Kom.,
M. Kom Amak
Yunus Ep, M.Kom
NIK. 290601184 NIK.
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN I
DAFTAR ISI II
RINGKASAN III
ISI
BAB I
PENDAHULUAN 1
1.1.Latar
Belakang 1
1.2.Rumusan
Masalah 3
1.3.Tujuan 3
BAB II GAMBARAN UMUM 4
2.1 Peluang Usaha 4
2.2 Media Promosi yang Digunakan 4
2.3 Strategi Pemasaran 4
2.4 Analisa Biaya
Usaha 5
BAB III METODE
PELAKSANAAN 7
3.1 Pembelian Alat 8
3.2
Pembelian Bahan 8
3.3
Riset
Pasar 8
3.4
Pembuatan kemasan 9
3.5 Produksi ,
pemasaran , evaluasi 10
3.6 Promosi 10
BAB IV ANGGARAN
BIAYA DAN JADWAL PELAKSANAAN 12
4.1 Biaya 12
4.2 Jatwal Pelaksanaan
Kegiatan 12
DAFTAS PUSTAKA 13
Lampiran 1 (Biodata Ketua dan
Anggota) 14
Lampiran 2 (Justifikasi dana kegiatan) 16
Lampiran 3
(Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas) 18
RINGKASAN
“Pemanfaatan Ubi
Jalar Ungu sebagai Bahan Pembuatan Es Krim”
Ubi ungu merupakan salah satu makanan asli
Indonesia yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ubi ungu mulai banyak
diminati konsumen yang peduli akan kesehatan karena mempunyai komposisi gizi
yang baik dan memiliki fungsi fisiologis tertentu bagi kesehatan tubuh.
Keberadaan senyawa antosianin pada ubi ungu yaitu pigmen yang terdapat
pada ubi ungu berfungsi sebagai antioksida, antikanker,
antibakteria, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan
stroke.
Ubi jalar dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ubi
jalar memiliki nama daerah Setilo (Lampung), gadong (Aceh), gadong enjolor
(Batak), telo (Madura), kaselo (Bali), hui boiet (Sunda), ketela rambat (Jawa
Tengah), katila (Dayak), katabang (Sumbawa), uwi (Bima), lame jawa (Makasar),
patatas (Ambon), ima (Ternate). Ada 3 jenis ubi jalar, yaitu ubi jalar putih,
kuning, dan merah (ungu).
Sebagian besar
penikmat es krim ubi jalar ungu adalah kalangan remaja, karena dapat menormalisasikan
berat badan. Ubijalar adalah makanan yang paling banyak ditemukan dipasar,
serta dijual dengan harga terjangkau.
Ubi ungu memliki khasiat yang baik untuk kesehatan karena di dalam warna ungu tersebut
terdapat sebagai antioksidan yang dapat menyerap racun, dapat membantu
kekebalan tubuh, serta menghambat penggumpalan sel-sel darah.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Ubi ungu merupakan salah satu makanan asli Indonesia yang
banyak dikonsumsi masyarakat. Ubi ungu mulai banyak diminati
konsumen yang peduli akan kesehatan karena mempunyai komposisi gizi yang
baik dan memiliki fungsi fisiologis tertentu bagi kesehatan tubuh. Keberadaan
senyawa antosianin pada ubi ungu yaitu pigmen yang terdapat pada
ubi ungu berfungsi sebagai antioksida, antikanker, antibakteria,
perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.
Ubi jalar dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ubi
jalar memiliki nama daerah Setilo (Lampung), gadong (Aceh), gadong enjolor
(Batak), telo (Madura), kaselo (Bali), hui boiet (Sunda), ketela rambat (Jawa
Tengah), katila (Dayak), katabang (Sumbawa), uwi (Bima), lame jawa (Makasar),
patatas (Ambon), ima (Ternate). Ada 3 jenis ubi jalar, yaitu ubi jalar putih,
kuning, dan merah (ungu).
Sebagian
besar penikmat es krim ubi jalar ungu adalah kalangan remaja, karena dapat
menormalisasikan berat badan. Ubi jalar mengandung kalori yang rendah, yaitu
setiap 100 gr ubi jalar bersama kulit mengandung 90 kalori atau sama dengan 376
kJ. Ubi jalar juga kaya akan karbohidrat kompleks, serat, beta-karoten
(provitamin A karotenoid), vitamin C, vitamin B6, mangan dan Kalium. Varietas
ubi jalar lainnya yang berwarna kuning, pink, kuning, orange dan hijau juga
mengandung tinggi beta karoten. Menurut laporan penelitian yang dilakukan tahun
1992, ubi jalar kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, protein,
vitamin A dan C, zat besi, dan kalsium, dan memperoleh peringkat gizi tertinggi
dalam hal sayuran. Varietas ubi jalar dengan warna daging yang gelap mengandung
beta karoten lebih tinggi, jika dibandingkan dengan yangf berdaging warna
cerah.
Selama ini mengkonsumsi ubi ungu
hanya sebatas direbus atau digoreng. Membuat inovasi dengan mengolah ubi ungu
menjadi es krim. Ini akan menjadi terobosan baru variasi rasa es krim di antara
variasi rasa lainnya, terlebih warna alami ubi ungu yang tajam akan membuat
tampilannya menarik namun tetap sehat karena tidak perlu tambahan pewarna
makanan. Selain itu, es krim ubi ungu ini juga akan turut mengangkat ubi ungu
sebagai makanan asli Indonesia yang kaya manfaat dan bisa diolah secara modern.
Ubi ungu mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1, riboflavin, zat besi,
fosfor, kalsium, protein, lemak, dan serat kasar.
Ubi ungu memliki khasiat yang baik untuk kesehatan karena di
dalam warna ungu tersebut terdapat sebagai antioksidan yang dapat menyerap
racun, dapat membantu kekebalan tubuh, serta menghambat penggumpalan sel-sel
darah. Selain itu, ubi juga mempunyai prebiotik, oligosakarida, dan kadar glycemic index yang rendah.
Ubijalar adalah makanan
yang paling banyak ditemukan dipasar, serta dijual dengan harga terjangkau.
Walaupun ubijalar bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat, namun demi
manfaat kesehatan yang maksimal sebaiknya hanya direbus bersama dengan
kulitnya. Berikut ini adalah berbagai manfaat ubi jalar bagi kesehatan:
Menjaga Tekanan Darah
Ubi jalar adalah
merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalium. Elektrolit ini sangat
penting untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, kalium juga berperan aktif
untuk mengendalikan fungsi otot dan fungsi saraf. Rata-rata orang dewasa
membutuhkan sebanyak 4.700 miligram kalium setiap hari, dan besar ubi jalar
berukuran besar mengandung 300 miligram kalium lebih.
Mencegah Kanker
Seperti yang telah
dijelaskan, Ubi jalar mengandung banyak beta karoten. Nutrisi ini merupakan zat
yang bersifat antioksidan yang melawan radikal bebas dan mencegah kanker.
Penelitian membuktikan bahwa tingginya kandungan karotenoid betakaroten dalam
darah terkaitr degan penurunan risiko kanker pay*dara. Para ahli kesehatan
merekomendasikan untuk makan paling tidak lima porsi buah dan sayuran yang
mengandung tinggi beta karoten.
Menjaga Berat Badan
Orang yang gemar makan
kentang, terutama dalam bentuk keripik atau kentang goreng berpotensi tinggi
menambah berat badan. Tapi hal itu tidak berlaku bagi yang gemar makan ubi
jalar, bahkan justru berat badan Anda akan stabil atau diurunkan. Ubi jalar
beserta kulitnya banyak mengandung serat dan karbohidrat kompleks, sehingga
akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian akan
terhindar dari makan yang tidak sehat, dan bisa membuat jumlah gula darah
tetap stabil. Ubi jalar mengandung jenis serat larut , yang membantu menurunkan
LDL (kolesterol jahat) dalam darah.
berdasarkan manfaat dan fungsi ubi pada penjelasan sebelumnya , maka kami ingin mengolah ubi menjadi es krim sehingga dapat memiliki daya jual yang tinggi dan akan lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat khusunya penikmat es krim.
berdasarkan manfaat dan fungsi ubi pada penjelasan sebelumnya , maka kami ingin mengolah ubi menjadi es krim sehingga dapat memiliki daya jual yang tinggi dan akan lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat khusunya penikmat es krim.
1.2
RUMUSAN
MASALAH
1.3 TUJUAN DAN MANFAAT
I.
Untuk
mengetahui cara pengolahan ubi menjadi es krim.
II.
Untuk
mengetahui khasiat yang terkandung pada
es krim ubi sehingga bermanfaat untuk kesehatan.
BAB II
GAMBARAN UMUM
2.1 Peluang Usaha
Es krim ubi
jalar adalah es krim yang terbuat dari ubi berkwalitas tinggi karena ubi yang
kita pakai adalah ubi yang di tanam oleh petani lokal sehingga rasanya lebih
nikmat. Es krim ubi ini masih belum ada di pasaran terutama di kota malang oleh
sebab itu es krim ini memiliki prospek bisnis yang bagus dan menguntungkan
karena es krim ini tidak hanya sekedar es krim yang biasanya di jual di pasaran
tetapi es krim ini juga memiliki hasiat menyembuhkan penyakit dalam pencernaan
sehingga es krim ini di prediksi terjual banyak di pasaran dan mampu menyaingi es
krim lainnya.
2.2 Media Promosi yang Digunakan
Media
menunjang proses pemasaran,
media promosi yang akan digunakan berupa pamphlet, spanduk, stiker, serta jejaring sosial seperti
facebook, fanpage, dan twitter serta web sehingga produk ini lebih dikenal di
daerah Malang bahkan di seluruh Indonesia dengan harapan dapat memperluas
pangsa pasar di seluruh tanah air
sehingga seluruh
tanah air dapat menikmati manfaat es
krim ubi jalar.
2.3 Strategi Pemasaran
Dalam strategi pemasaran menerapkan
marketing mix yang dikenalkan oleh Jarome McCarthy.Marketing mix yang dikenal
dengan konsep product, price, place, dan promotion (4P) yang dijadikan rujukan
dalam membahas pemasaran. Marketing mix dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu
penawaran berupa Product dan price, serta akses yang berupa place dan
promotion.
1) Penawaran
a) Product
Usaha ini bergerak dalam bidang produksi dan
distribusi. Jenis produk ini berupa Ubi Jalar Ungu. Makanan yang berbahan baku
ubi dan memiliki banyak manfaat bagi konsumen.
2) Akses
a) Place
Apa yang telah
kita tawarkan diatas
tidak akan sampai
ke konsumen jika pemasaran produk tidak berada pada
tempat yang tepat. Saluran distribusi yang tepat merupakan salah
satu kunci kesuksesan
pemasaran.
b) Promotion
Pemasaran
yang baik tidak
hanya sekedar memasarkan
produk yang bagus menetapkan harga
yang menarik dan
membuat produk itu terjangkau pada kalangan anak-anak
sekolah dan menengah kebawah.
2.4 Analisa Biaya Usaha
Tahap
ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar biaya yang diperlukan serta mengetahui waktu yang
diperlukan sampai terjadi titik impas (Break Even Point) Break Event Point
(BEP)
1. Biaya
Tetap Total setiap bulan
Biaya
industrian = Rp. 600.000,00
Gaji
karyawan =
Rp. 400.000,00 +
Total
=
Rp. 1.000.000,00
2. Total
Biaya variable es krim
Biaya
bahan dasar = Rp. 5.000,00
Biaya
pemasaran-variabel = Rp.
5.000,00 +
Total =
Rp. 10.000,00
3. Harga
jual
Tiap bungkus = Rp. 15.000,00
4. BEP =
Rp. 1.000.00,00 / (Rp. 15.000,00 –Rp.10.000,00)
= 200 Es Krim
5. Pejualan
per hari = 10 Es Krim
6. Waktu
tercapai BEP =
200 : 10
= 20 hari ( pembulatan )
Pendapatan
Kotor =
200 Es Krim x Rp. 15.000,00
=
Rp 3.000.000,00
Pendapatan
Bersih = 200 Es Krim x (Rp. 15.000 – Rp.10.000)
=
Rp. 1.000.000,00/ 20 hari
Maka
dalam waktu 2 bulan mendapatkan penhasilan bersih sebesar Rp. 3.000.000, (pembulatan).
BAB III
METODE PELAKSANAAN
Adapun kegiatan pembuatan es krim ubi jalar terdapat pada
flowcart di bawah ini
Gaambar 3.1
flowcart pembuatan es krim
3.1 Pembelian Alat
Alat - alat yang digunakan dalam proses pembuatan
Es Krim Ubi Ungu ini diantaranya adalah :
1.
Baskom
2.
Mixer
3.
Timbangan
4.
Solet
5.
Kompor
6.
Alat pengukus
7.
Alat penyaring
8.
Blender
9.
Panci.
3.2
Pembelian Bahan
Bahan-bahan yang digunakan
dalam proses pembuatan Es Krim Ubi Ungu ini adalah :
1.
Ubi Jalar ungu
2.
Susu/Santan
3.
Gula Pasir
4.
Kuning Telur
5.
Garam.
3.3
Riset Pasar
Riset pasar bertujuan untuk
mengetahui gambaran keadaanpasar. Kami membagi pembahasan riset pasar menjadi
riset konsumen dan riset pesaing.
a)
Riset Konsumen
Riset konsumen
dilakukan dengan metode penyebaran kuisioner. Kuisioner pertama bertujuan untuk mengetahui gambaran
ketertarikan konsumen akan produk ” Es
Krim Ubi Ungu”. Kemudian
ditindaklanjuti dengan uji coba produk yang dilengkapi dengan kuisioner kedua.
Kuisioner kedua ini bertujuan untuk mengetahui minat konsumen lebih lanjut mengenai
efek yang ditimbulkan dan kesegaran rasanya.Masukan dari para konsumen, akan
kami jadikan sebagai perbaikan bagi kami untuk produksi-produksi selanjutnya.
b)
Riset Pesaing (Competitors)
Pesaing utama dari ” Es Krim Ubi Ungu” adalah
produk-produk es krim dengan bahan sintesis maupun es krim berbahan baku
alami lainnya. Untuk mengantisipasinya, kami berusaha untuk membangun Es Krim Ubi Ungu adalah es krim kesehatan yang mengandung bahan alami yang bermanfaat
bagi tubuh. Sehingga dengan melakukan pendekatan yang berbeda kepada target
pasar, kami yakin dapat bersaing dengan para competitors.
Kunci kesuksesan pemasaran adalah kemampuan
produk tersebut untuk diterima oleh konsumen. Adanya perubahan
trend serta variable-variabel lain yang mempengaruhi selera pasar menuntut kami
untuk mengetahui selera pasar dari konsumen.kami berencana untuk terus melakukan
inovasi dan meningkatkan mutu dari es krim ubi ungu agar dapat menguasai mind
share sebagai komoditi yang
berkualitas internasonal. Usaha yang kami lakukan adalah penyebaran angket selera konsumen secara berkala. Qualitycontrol yang baik serta membuka layanan
informasi kepada konsumen.
3.4 Pembuatan kemasan
Cara Pembuatan :
Ubi ungu tidak hanya dapat digunakan untuk
bahan pembuatan cake, eggroll, kripik tapi juga untuk pembuatan es krim yang
sangat digemari masyarakat. Kini es krim ubi ungu mulai sering disajikan pada
berbagai acara formal maupun acara-acara perhelatan keluarga. Cara pembuatannya
sederhana dan tidak membutuhkan peralatan yang rumit, sehingga cukup berpeluang
untuk diusahakan secara komersial guna menghasilkan tambahan pendapatan bagi petani.
Cara pengolahan :
1.
Ubi jalar
ungu dikupas dan dicuci bersih, kemudian dikukus selama 15 menit.
2.
Blender sampai halus
ubi ungu kukus bersama sedikit susu dan kuning telur.
3.
Ubi jalar yang telah
diblender halus ditempatkan di panci, kemudian tambahkan sisa susu, gula pasir
dan garam, aduk adonan hingga rata.
4.
Adonan dimasak dengan
api sedang hingga mendidih, sambil diaduk perlahan .
5.
Adonan es krim
didinginkan.
6.
Adonan es krim disimpan
selama 4-5 jam dalam freezer hingga membeku.
7.
Adonan beku
dimixer selama 10 menit dan dimasukkan kembali ke dalam freezer.
8.
Ulangii cara ini hingga
4-5 kali.
9.
Selanjutnya adonan es
krim siap dikemas dalam kemasan es krim dan dibekukan.
10.
Es krim siap disajikan.
3.5
Produksi
, Pemasaran , Evaluasi
Dalam upaya membidik semua segmen yang ada, Es Krim Ubi Ungu hadir dalam satu ukuran, bentuk dan harga.
Kemasan terbuat dari cup plastik dengan berat bersih per produk 100 ml
serta berlabel. Adanya persamaan kemasan ini diharapkan dapat menekan biaya
produksi yang pada akhirnya bertujuan untuk menjangkau semua segmen pasar
yang ada., termasuk segmen ketiga.
Dalam
pemasaran Es
Krim Ubi Ungu tidak
ada diferensiasi harga. Strategi ini dipilih untuk membuat produk ini
terjangkau oleh semua kalangan serta untuk memaksimalkan margin laba yang didapatkan.
3.6
Promosi
Salah satu elemen penting untuk
mendukung usaha pencitraan produk adalah strategi promosi. Promosi akan
dilakukan secara intensif dan efektif sebagai upaya membangun citra Es Krim Ubi
Ungu sebagai es krim yang mengandung
bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Usaha promosi yang kami rencanakan
antara lain:
A.
Pemberian informasi secara langsung (direct promotion)
Pemberian informasi secara langsung
dilakukan oleh para personil tim ketika melakukan dirrect selling. Juga dengan
ikut serta dalam event-event
bazaar.
B.
Pemberian informasi secara tidak langsung (undirect promotion)
Promosi tidak langsung dilakukan
dalam bentuk penyebaran poster dan
leaflet merupakan pendukung dari pemasaran yang menurut kami efektif dan
efisien. Penggunaannya tidak mengeluarkan
biaya besar dan efeknya sangat besar. Pamflet dan poster disebar ke
beberapa lokasi strategis di daerah pemasaran sehingga memberikan kemudahan bagi
calon konsumen untuk membeli dan melakukan pemesanan produk.Promosi secara
langsung dianggap cukup efektif karena adanya interaksi langsung antara
konsumen dan produsen. Usaha promosi tidak langsung juga ditambah dengan
terjadinya promosi mulut ke mulut (Word to
Mouth) yang akan dilakukan oleh konsumen yang merasa puas akan produk kami.
BAB IV
ANGGARAN BIAYA DAN JADWAL PELAKSANAAN
4.1 BIAYA
Berikut rincian biaya dalam kegiatan
ini:
Total
Pengeluaran
No
|
Jenis
Pengeluaran
|
Biaya
Seluruhnya
|
1
|
Peralatan
Penunjang
|
Rp.7.084.000
|
2
|
Bahan Habis
Pakai
|
Rp.226.000
|
3
|
Perjalanan
|
Rp.100.000
|
4
|
Lain-Lain
|
Rp.625.000
|
Total
|
Rp.8.035.000
|
4.2 JADWAL
PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan PKM ini
direncanakan berlangsung 2 bulan. Rencana program ini tertera pada tabel di bawah ini :
No
|
Kegiatan
|
Bulan
1
|
Bulan
2
|
|||
Minggu
1
|
Minggu 2
|
Minggu
3
|
Minggu
4
|
|||
1
|
Pembelian Alat
|
√
|
|
|
|
|
2
|
Pembelian
Bahan
|
|
√
|
|
|
|
3
|
Riset pasar
|
|
|
√
|
|
|
4
|
Pembuatan
Kemasan
|
|
|
|
√
|
|
5
|
Produksi ,
Pemasaran , Evaluasi
|
|
|
|
|
√
|
6
|
Promosi
|
|
|
|
√
|
|
DAFTAR PUSTAKA
Anonim “Pemanfaatan Umbi Ubi Jalar Sebagai Bahan Baku Pembuatan Es Krim”
http://lordbroken.wordpress.com/2012/02/29/pemanfaatan-umbi-ubi-jalar-sebagai-bahan-baku-pembuatan-es-krim/.
Diakses
tanggal 17 November 2013
Anonim “Pemanfaatan Ubi Jalar Ungu sebagai Bahan
Produk Pangan Fungsional”
http://web.ipb.ac.id/~lppm/lppmipb/penelitian/hasilcari.php?status=buka&id_haslit=KKP3T/061.09/YAS/p. Di akses tanggal 17 November 2013
Anonim “Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan”
http://www.carahidupsehatalami.info/manfaat-ubi-jalar-ungu-untuk-kesehatan/.
Di akses tanggal 17 November 2013
Lampiran 1
(Biodata Ketua dan Anggota)
Ketua Pelaksana
A. Identitas Diri
1
|
Nama Lengkap
(dengan gelar)
|
Yushinta Ayu
Rahma
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program Studi
|
TI
|
4
|
NIM
|
130403010006
|
5
|
Tempat dan
Tanggal Lahir
|
Malang, 28
Juni 1994
|
6
|
E-Mail
|
|
7
|
Nomor
Telepon/HP
|
085791908775
|
B. Riwayat Pendidikan
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Nama Institusi
|
SDN Kepanjen 1
|
SMP Islam
Kepanjen
|
SMA Islam
Kepanjen
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPS
|
Tahun Masuk
|
2001-2007
|
2007-2010
|
2010-2013
|
Semua data
yang saya isikan
dan tercantum dalam
biodata ini adalah
benar dan dapat dipertanggung jawabkan
secara hukum.Apabila dikemudian
hari ternyata dijumpai
ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian
biodata ini kami buat dengan sebenarnya
untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreativitas
Mahasiswa Bidang Kewirausahaan.
Malang, 17 November 2013
Yushinta A.R
Anggota 1
A. Identitas Diri
1
|
Nama Lengkap
(dengan gelar)
|
Retno
Anggrasari Purnomo
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program Studi
|
TI
|
4
|
NIM
|
130403010008
|
5
|
Tempat dan
Tanggal Lahir
|
Malang, 19
Maret 1995
|
6
|
E-Mail
|
Retnoanggra319@yahoo.com
|
7
|
Nomor
Telepon/HP
|
085749566450
|
B. Riwayat Pendidikan
|
SD
|
SMP
|
SMA
|
Nama Institusi
|
SDN Ngadilangkung 1
|
SMP Islam Kepanjen
|
SMA Islam Kepanjen
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPA
|
Tahun Masuk
|
2001-2007
|
2007-2010
|
2010-2013
|
Semua data
yang saya isikan
dan tercantum dalam
biodata ini adalah
benar dan dapat dipertanggung jawabkan
secara hukum.Apabila dikemudian
hari ternyata dijumpai
ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian
biodata ini kami buat dengan sebenarnya
untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreativitas
Mahasiswa Bidang Kewirausahaan.
Malang, 17 November 2013
Retno A.P
Lampiran 2 (Justifikasi dana kegiatan)
Lampiran 2 (Justifikasi dana kegiatan)
1.
Peralatan
Penunjang
No
|
Investasi
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Harga
|
Tool
|
|||
1
|
Baskom
|
2
|
Rp.
30.000
|
2
|
Mixer
|
2
|
Rp.500.000
|
3
|
Timbangan
|
1
|
Rp.
150.000
|
4
|
Solet
|
2
|
Rp.2.000
|
5
|
Kompor
|
1
|
Rp.500.000
|
6
|
Alat
pengukus
|
1
|
Rp.75.000
|
7
|
Alat penyaring
|
2
|
Rp.12.000
|
8
|
Blender
|
1
|
Rp.250.000
|
9
|
Panci.
|
2
|
Rp.
50.000
|
10
|
Kulkas
|
1
|
Rp.5.000.000
|
11
|
Meja
|
1
|
Rp.
500.000
|
12
|
Kain
Lap
|
5
|
Rp.15.000
|
SUB
TOTAL
|
Rp.7.084.000
|
2.
Bahan
Habis Pakai
No
|
Investasi
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Satuan
|
Harga
|
Bahan
|
||||
1
|
Ubi Jalar ungu
|
10
|
kg
|
Rp.100.000
|
2
|
Susu/Santan
|
5
|
liter
|
Rp.75.000
|
3
|
Gula Pasir
|
3
|
kg
|
Rp.30.000
|
4
|
Kuning Telur
|
20
|
butir
|
Rp.50.000
|
5
|
Garam.
|
1
|
bungkus
|
Rp.1.000
|
SUB
TOTAL
|
Rp.226.000
|
3.
Perjalanan
No
|
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Satuan
|
Harga
|
1
|
Bensin
|
10
|
Liter
|
Rp.100.000
|
SUB
TOTAL
|
Rp.100.000
|
4.
Lain-lain
No
|
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Satuan
|
Harga
|
1
|
Pamflet
dan Poster
|
10
|
-
|
Rp.500.000
|
2
|
Brosur
|
50
|
Lembar
|
Rp.75.000
|
3
|
Promosi
|
1
|
-
|
Rp.50.000
|
SUB
TOTAL
|
Rp.625.000
|
Lampiran 3 (Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian
Tugas)
No
|
Nama/NIM
|
Program
Study
|
Bidang
Ilmu
|
Alokasi
Waktu (Jam/Minggu)
|
Uraian
Tugas
|
1
|
Yushinta Ayu Rahma
/130403010006
|
TI
|
Pendidikan
|
30Jam
|
Bertanggung jawab dan Mengatur
jalannya semua keigatan yang dilkasnakan.
|
2
|
Retno Anggrasari Purnomo
/130403010008
|
TI
|
Pendikan
|
29 Jam
|
Menyusun logbooknkegiatan dan
pembukuan keungan selama kegiatan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar