Kamis, 11 Desember 2014

METODE ILMIAHKU ( PEMANFAATAN UBI JALAR UNGU SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN ES KRIM )


 
PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA

PEMANFAATAN UBI JALAR UNGU SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN ES KRIM
PKM Kewirausahaan

(PKM - K)

Disusun oleh:
Yushinta Ayu Rahma                         130403010006
Retno Anggrasari Purnomo                130403010008



UNIVERSITAS KANJURUHAN
MALANG
2014

HALAMAN PENGESAHAN

  1. Judul Kegiatan            : Pemanfaatan ubi jalar ungu sebagai bahan pembuatan es krim
  2. Bindan Kegiatan         : PKM-K
  3. Bidang Ilmu: Pendidikan
  4. Ketua Pelaksana Kegiatan:
a.       Nama Lengkap                        :  Yushinta Ayu Rahma
b.      NIM                                        : 130403010006
c.       Jurusan                                    :  Falkutas Teknologi informasi
d.      Universitas                              : Kanjuruhan Malang
  1. Anggota Pelakasana Kegiatan                        : 2 Orang
  2. Dosen Pendamping
a.       Nama Lengkap dan Gelar                   : Amak Yunus Ep, M.Kom
b.      NIDN                                                :
c.       Alamat Rumah dan No. HP                :
  1. Biaya Kegiatan Total :
a. Dikti                                                           : Rp.8.035.000
b. Sumber Lain                                               : -
  1. Jangka Waktu Pelaksanaan                             : 2 Bulan

Malang, 17 November 2013

Menyetujui,

Dosen pengajar metode penelitian                                                          ketua pelaksanaan
                                                                                                                
            MOH.Fausi, S.Pd                                                                  Yushinta Ayu Rama                       
              Dekan Fakultas                                                                       Dosen pendamping

Yusriel Ardian, S.Kom., M. Kom                                                 Amak Yunus Ep, M.Kom
                 NIK. 290601184                                                                              NIK. 


DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN                                                                                                      I
DAFTAR ISI                                                                                                                               II
RINGKASAN                                                                                                                             III
ISI
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                            1
1.1.Latar Belakang                                                                                                                1
1.2.Rumusan Masalah                                                                                                          3
1.3.Tujuan                                                                                                                            3
BAB II GAMBARAN UMUM                                                                                                    4
2.1 Peluang Usaha                                                                                                                4
2.2 Media Promosi yang Digunakan                                                                                     4
2.3 Strategi Pemasaran                                                                                                          4
2.4 Analisa Biaya Usaha                                                                                                       5
BAB III METODE PELAKSANAAN                                                                                         7
3.1 Pembelian Alat                                                                                                               8
3.2 Pembelian Bahan                                                                                                            8
3.3  Riset Pasar                                                                                                                      8
3.4 Pembuatan kemasan                                                                                                       9
3.5 Produksi , pemasaran , evaluasi                                                                                      10
3.6 Promosi                                                                                                                          10
BAB IV ANGGARAN BIAYA DAN JADWAL PELAKSANAAN                                            12
4.1 Biaya                                                                                                                              12
4.2 Jatwal Pelaksanaan Kegiatan                                                                                          12
DAFTAS PUSTAKA                                                                                                                  13
Lampiran 1 (Biodata Ketua dan Anggota)                                                                                   14
Lampiran 2 (Justifikasi dana kegiatan)                                                                                       16
Lampiran 3 (Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas)                                      18


RINGKASAN
“Pemanfaatan Ubi Jalar Ungu sebagai Bahan Pembuatan Es Krim”
Ubi ungu merupakan salah satu makanan asli Indonesia yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ubi ungu  mulai banyak diminati konsumen  yang peduli akan kesehatan karena mempunyai komposisi gizi yang baik dan memiliki fungsi fisiologis tertentu bagi kesehatan tubuh. Keberadaan senyawa antosianin pada ubi ungu  yaitu pigmen yang terdapat pada ubi  ungu berfungsi  sebagai antioksida, antikanker, antibakteria, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.
Ubi jalar dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ubi jalar memiliki nama daerah Setilo (Lampung), gadong (Aceh), gadong enjolor (Batak), telo (Madura), kaselo (Bali), hui boiet (Sunda), ketela rambat (Jawa Tengah), katila (Dayak), katabang (Sumbawa), uwi (Bima), lame jawa (Makasar), patatas (Ambon), ima (Ternate). Ada 3 jenis ubi jalar, yaitu ubi jalar putih, kuning, dan merah (ungu).
Sebagian besar penikmat es krim ubi jalar ungu adalah kalangan remaja, karena dapat menormalisasikan berat badan. Ubijalar adalah makanan yang paling banyak ditemukan dipasar, serta dijual dengan harga terjangkau.
Ubi ungu memliki khasiat yang baik untuk kesehatan karena di dalam warna ungu tersebut terdapat sebagai antioksidan yang dapat menyerap racun, dapat membantu kekebalan tubuh, serta menghambat penggumpalan sel-sel darah.


BAB I
PENDAHULUAN
1.1              LATAR BELAKANG
Ubi ungu merupakan salah satu makanan asli Indonesia yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ubi ungu  mulai banyak diminati konsumen  yang peduli akan kesehatan karena mempunyai komposisi gizi yang baik dan memiliki fungsi fisiologis tertentu bagi kesehatan tubuh. Keberadaan senyawa antosianin pada ubi ungu  yaitu pigmen yang terdapat pada ubi  ungu berfungsi  sebagai antioksida, antikanker, antibakteria, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke.
                        Ubi jalar dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Ubi jalar memiliki nama daerah Setilo (Lampung), gadong (Aceh), gadong enjolor (Batak), telo (Madura), kaselo (Bali), hui boiet (Sunda), ketela rambat (Jawa Tengah), katila (Dayak), katabang (Sumbawa), uwi (Bima), lame jawa (Makasar), patatas (Ambon), ima (Ternate). Ada 3 jenis ubi jalar, yaitu ubi jalar putih, kuning, dan merah (ungu).
            Sebagian besar penikmat es krim ubi jalar ungu adalah kalangan remaja, karena dapat menormalisasikan berat badan. Ubi jalar mengandung kalori yang rendah, yaitu setiap 100 gr ubi jalar bersama kulit mengandung 90 kalori atau sama dengan 376 kJ. Ubi jalar juga kaya akan karbohidrat kompleks, serat, beta-karoten (provitamin A karotenoid), vitamin C, vitamin B6, mangan dan Kalium. Varietas ubi jalar lainnya yang berwarna kuning, pink, kuning, orange dan hijau juga mengandung tinggi beta karoten. Menurut laporan penelitian yang dilakukan tahun 1992, ubi jalar kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, protein, vitamin A dan C, zat besi, dan kalsium, dan memperoleh peringkat gizi tertinggi dalam hal sayuran. Varietas ubi jalar dengan warna daging yang gelap mengandung beta karoten lebih tinggi, jika dibandingkan dengan yangf berdaging warna cerah.
            Selama ini mengkonsumsi ubi ungu hanya sebatas direbus atau digoreng. Membuat inovasi dengan mengolah ubi ungu menjadi es krim. Ini akan menjadi terobosan baru variasi rasa es krim di antara variasi rasa lainnya, terlebih warna alami ubi ungu yang tajam akan membuat tampilannya menarik namun tetap sehat karena tidak perlu tambahan pewarna makanan. Selain itu, es krim ubi ungu ini juga akan turut mengangkat ubi ungu sebagai makanan asli Indonesia yang kaya manfaat dan bisa diolah secara modern. Ubi ungu mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1, riboflavin, zat besi, fosfor, kalsium, protein, lemak, dan serat kasar.
Ubi ungu memliki khasiat yang baik untuk kesehatan karena di dalam warna ungu tersebut terdapat sebagai antioksidan yang dapat menyerap racun, dapat membantu kekebalan tubuh, serta menghambat penggumpalan sel-sel darah. Selain itu, ubi juga mempunyai prebiotik, oligosakarida, dan kadar glycemic index yang rendah.
Ubijalar adalah makanan yang paling banyak ditemukan dipasar, serta dijual dengan harga terjangkau. Walaupun ubijalar bisa diolah menjadi berbagai macam masakan lezat, namun demi manfaat kesehatan yang maksimal sebaiknya hanya direbus bersama dengan kulitnya. Berikut ini adalah berbagai manfaat ubi jalar bagi kesehatan:
Menjaga Tekanan Darah
Ubi jalar adalah merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalium. Elektrolit ini sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, kalium juga berperan aktif untuk mengendalikan fungsi otot dan fungsi saraf. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sebanyak 4.700 miligram kalium setiap hari, dan besar ubi jalar berukuran besar mengandung 300 miligram kalium lebih.
Mencegah Kanker
Seperti yang telah dijelaskan, Ubi jalar mengandung banyak beta karoten. Nutrisi ini merupakan zat yang bersifat antioksidan yang melawan radikal bebas dan mencegah kanker. Penelitian membuktikan bahwa tingginya kandungan karotenoid betakaroten dalam darah terkaitr degan penurunan risiko kanker pay*dara. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk makan paling tidak lima porsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi beta karoten.
Menjaga Berat Badan
Orang yang gemar makan kentang, terutama dalam bentuk keripik atau kentang goreng berpotensi tinggi menambah berat badan. Tapi hal itu tidak berlaku bagi yang gemar makan ubi jalar, bahkan justru berat badan Anda akan stabil atau diurunkan. Ubi jalar beserta kulitnya banyak mengandung serat dan karbohidrat kompleks, sehingga akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian akan terhindar dari makan yang tidak sehat, dan bisa membuat  jumlah gula darah tetap stabil. Ubi jalar mengandung jenis serat larut , yang membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dalam darah.
berdasarkan manfaat dan fungsi ubi pada penjelasan sebelumnya , maka kami ingin mengolah  ubi menjadi  es krim sehingga dapat memiliki daya jual yang tinggi dan akan lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat khusunya penikmat es krim.

1.2              RUMUSAN MASALAH
             I.      Bagaimana cara membuat es krim ubi jalar dan khasiat yang terkandung ?

1.3       TUJUAN DAN MANFAAT

             I.      Untuk mengetahui cara pengolahan ubi menjadi es krim.
          II.      Untuk mengetahui khasiat yang terkandung  pada es krim ubi sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

 
BAB II
GAMBARAN UMUM
2.1 Peluang Usaha
Es krim ubi jalar adalah es krim yang terbuat dari ubi berkwalitas tinggi karena ubi yang kita pakai adalah ubi yang di tanam oleh petani lokal sehingga rasanya lebih nikmat. Es krim ubi ini masih belum ada di pasaran terutama di kota malang oleh sebab itu es krim ini memiliki prospek bisnis yang bagus dan menguntungkan karena es krim ini tidak hanya sekedar es krim yang biasanya di jual di pasaran tetapi es krim ini juga memiliki hasiat menyembuhkan penyakit dalam pencernaan sehingga es krim ini di prediksi terjual banyak di pasaran dan mampu menyaingi es krim lainnya.
2.2 Media Promosi yang Digunakan
Media menunjang proses pemasaran, media promosi yang akan digunakan berupa pamphlet, spanduk, stiker, serta jejaring sosial seperti facebook, fanpage, dan twitter serta web sehingga produk ini lebih dikenal di daerah Malang bahkan di seluruh Indonesia dengan harapan dapat memperluas pangsa pasar di seluruh tanah air  sehingga seluruh tanah air  dapat menikmati manfaat es krim ubi jalar.
2.3 Strategi Pemasaran
            Dalam strategi pemasaran menerapkan marketing mix yang dikenalkan oleh Jarome McCarthy.Marketing mix yang dikenal dengan konsep product, price, place, dan promotion (4P) yang dijadikan rujukan dalam membahas pemasaran. Marketing mix dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu penawaran berupa Product dan price, serta akses yang berupa place dan promotion.
1)  Penawaran
a)  Product
Usaha ini bergerak dalam bidang produksi dan distribusi. Jenis produk ini berupa Ubi Jalar Ungu. Makanan yang berbahan baku ubi dan memiliki banyak manfaat bagi konsumen.
2)  Akses
a)  Place  
Apa  yang  telah  kita  tawarkan  diatas  tidak  akan  sampai  ke  konsumen  jika pemasaran produk tidak berada pada tempat yang tepat. Saluran distribusi yang tepat merupakan  salah  satu  kunci  kesuksesan  pemasaran. 
b)  Promotion
Pemasaran  yang  baik  tidak  hanya  sekedar  memasarkan  produk  yang  bagus menetapkan  harga  yang  menarik  dan  membuat  produk  itu terjangkau pada kalangan anak-anak sekolah dan menengah kebawah.
            2.4 Analisa Biaya Usaha
                        Tahap ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar biaya  yang diperlukan serta mengetahui waktu yang diperlukan sampai terjadi titik impas (Break Even Point) Break Event Point (BEP)
1.      Biaya Tetap Total setiap bulan
Biaya industrian                            = Rp. 600.000,00
Gaji karyawan                               = Rp. 400.000,00 +
Total                                              = Rp. 1.000.000,00
2.      Total Biaya variable es krim
Biaya bahan dasar                         = Rp. 5.000,00
Biaya pemasaran-variabel             = Rp. 5.000,00  +
Total                                              = Rp.   10.000,00
3.      Harga jual
Tiap bungkus                                 = Rp.   15.000,00
4.  BEP                                                = Rp. 1.000.00,00 / (Rp. 15.000,00 –Rp.10.000,00)
=  200 Es Krim
5.      Pejualan per hari                            = 10 Es Krim
6.      Waktu tercapai BEP                     = 200  : 10  = 20 hari ( pembulatan )
Pendapatan Kotor                         = 200 Es Krim x Rp. 15.000,00
                                                            = Rp 3.000.000,00
Pendapatan Bersih                         = 200 Es Krim x (Rp. 15.000 – Rp.10.000)
= Rp. 1.000.000,00/ 20 hari
Maka dalam waktu 2 bulan mendapatkan penhasilan bersih sebesar Rp. 3.000.000, (pembulatan).

BAB III
METODE PELAKSANAAN
Adapun kegiatan pembuatan es krim ubi jalar terdapat pada flowcart di bawah ini



 

Gaambar 3.1 flowcart pembuatan es krim


3.1 Pembelian Alat
Alat - alat yang digunakan dalam proses pembuatan Es Krim Ubi Ungu ini diantaranya adalah :
1.      Baskom
2.      Mixer
3.      Timbangan
4.      Solet
5.      Kompor
6.      Alat pengukus
7.      Alat penyaring
8.      Blender
9.      Panci. 
3.2 Pembelian Bahan
            Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan Es Krim Ubi Ungu ini adalah :
1.   Ubi Jalar ungu
2.   Susu/Santan
3.   Gula Pasir
4.   Kuning Telur
5.   Garam.
3.3 Riset Pasar
Riset pasar bertujuan untuk mengetahui gambaran keadaanpasar. Kami membagi pembahasan riset pasar menjadi riset konsumen dan riset pesaing.

a)                  Riset Konsumen
Riset konsumen dilakukan dengan metode penyebaran kuisioner. Kuisioner pertama bertujuan untuk mengetahui gambaran ketertarikan konsumen akan produk Es Krim Ubi Ungu”. Kemudian ditindaklanjuti dengan uji coba produk yang dilengkapi dengan kuisioner kedua. Kuisioner kedua ini bertujuan untuk mengetahui minat konsumen lebih lanjut mengenai efek yang ditimbulkan dan kesegaran rasanya.Masukan dari para konsumen, akan kami jadikan sebagai perbaikan bagi kami untuk produksi-produksi selanjutnya.

b)                  Riset Pesaing (Competitors)
Pesaing utama dari ” Es Krim Ubi Ungu” adalah produk-produk es krim dengan bahan sintesis maupun es krim berbahan baku alami lainnya. Untuk mengantisipasinya, kami berusaha untuk membangun Es Krim Ubi Ungu adalah es krim kesehatan yang mengandung bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Sehingga dengan melakukan pendekatan yang berbeda kepada target pasar, kami yakin dapat bersaing dengan para competitors. Kunci kesuksesan pemasaran adalah kemampuan produk tersebut untuk diterima oleh konsumen. Adanya perubahan trend serta variable-variabel lain yang mempengaruhi selera pasar menuntut kami untuk mengetahui selera pasar dari konsumen.kami berencana untuk terus melakukan inovasi dan meningkatkan mutu dari es krim ubi ungu agar dapat menguasai mind share sebagai komoditi yang berkualitas internasonal. Usaha yang kami lakukan adalah penyebaran angket selera konsumen secara berkala. Qualitycontrol yang baik serta membuka layanan informasi kepada konsumen.

3.4 Pembuatan kemasan
Cara Pembuatan :
Ubi ungu tidak hanya dapat digunakan untuk bahan pembuatan cake, eggroll, kripik tapi juga untuk pembuatan es krim yang sangat digemari masyarakat. Kini es krim ubi ungu mulai sering disajikan pada berbagai acara formal maupun acara-acara perhelatan keluarga. Cara pembuatannya sederhana dan tidak membutuhkan peralatan yang rumit, sehingga cukup berpeluang untuk diusahakan secara komersial guna menghasilkan tambahan pendapatan bagi petani.
Cara pengolahan : 
1.                  Ubi jalar ungu dikupas dan dicuci bersih, kemudian dikukus selama 15 menit.
2.                  Blender sampai halus ubi ungu kukus bersama sedikit susu dan kuning telur. 
3.                  Ubi jalar yang telah diblender halus ditempatkan di panci, kemudian tambahkan sisa susu, gula pasir dan garam, aduk adonan hingga rata. 
4.                  Adonan dimasak dengan api sedang hingga mendidih, sambil diaduk perlahan .
5.                  Adonan es krim didinginkan. 
6.                  Adonan es krim disimpan selama 4-5 jam dalam freezer hingga membeku. 
7.                  Adonan beku  dimixer selama 10 menit dan dimasukkan kembali ke dalam freezer. 
8.                  Ulangii cara ini hingga 4-5 kali. 
9.                  Selanjutnya adonan es krim siap dikemas dalam kemasan es krim dan dibekukan. 
10.              Es krim siap disajikan.
3.5              Produksi , Pemasaran , Evaluasi
Dalam upaya membidik semua segmen yang ada, Es Krim Ubi Ungu hadir dalam satu ukuran, bentuk dan harga. Kemasan terbuat dari cup plastik dengan berat bersih per produk 100 ml serta berlabel. Adanya persamaan kemasan ini diharapkan dapat menekan biaya produksi yang pada akhirnya bertujuan untuk menjangkau semua segmen pasar yang ada., termasuk segmen ketiga.
Dalam pemasaran Es Krim Ubi Ungu tidak ada diferensiasi harga. Strategi ini dipilih untuk membuat produk ini terjangkau oleh semua kalangan serta untuk memaksimalkan margin laba yang didapatkan.
3.6              Promosi
Salah satu elemen penting untuk mendukung usaha pencitraan produk adalah strategi promosi. Promosi akan dilakukan secara intensif dan efektif sebagai upaya membangun citra Es Krim Ubi Ungu sebagai es krim yang mengandung bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Usaha promosi yang kami rencanakan antara lain:

A.                Pemberian informasi secara langsung (direct promotion)

Pemberian informasi secara langsung dilakukan oleh para personil tim ketika melakukan dirrect selling. Juga dengan  ikut serta dalam event-event bazaar.




B.                 Pemberian informasi secara tidak langsung (undirect promotion)

Promosi tidak langsung dilakukan dalam bentuk penyebaran poster dan leaflet merupakan pendukung dari pemasaran yang menurut kami efektif dan efisien. Penggunaannya tidak mengeluarkan biaya besar dan efeknya sangat besar. Pamflet dan poster disebar ke beberapa lokasi strategis di daerah pemasaran sehingga memberikan kemudahan bagi calon konsumen untuk membeli dan melakukan pemesanan produk.Promosi secara langsung dianggap cukup efektif karena adanya interaksi langsung antara konsumen dan produsen. Usaha promosi tidak langsung juga ditambah dengan terjadinya promosi mulut ke mulut (Word to Mouth) yang akan dilakukan oleh konsumen yang merasa puas akan produk  kami.

BAB IV
ANGGARAN BIAYA DAN JADWAL PELAKSANAAN
4.1 BIAYA
Berikut rincian biaya dalam kegiatan ini:
Total Pengeluaran
No
Jenis Pengeluaran
Biaya Seluruhnya
1
Peralatan Penunjang
Rp.7.084.000
2
Bahan Habis Pakai
Rp.226.000
3
Perjalanan
Rp.100.000
4
Lain-Lain
Rp.625.000
Total
Rp.8.035.000

4.2 JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan PKM ini direncanakan berlangsung 2 bulan. Rencana program  ini tertera pada tabel di bawah ini :
No
Kegiatan
Bulan 1
Bulan 2
Minggu 1
Minggu  2
Minggu 3
Minggu 4
1
Pembelian Alat




2
Pembelian Bahan




3
Riset pasar




4
Pembuatan Kemasan




5
Produksi , Pemasaran , Evaluasi




6
Promosi








DAFTAR PUSTAKA
Anonim “Pemanfaatan Umbi Ubi Jalar Sebagai Bahan Baku Pembuatan Es Krim”
Anonim “Pemanfaatan Ubi Jalar Ungu sebagai Bahan Produk Pangan Fungsional”

Anonim “Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan”




Lampiran 1 (Biodata Ketua dan Anggota)
Ketua Pelaksana
A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap (dengan gelar)
Yushinta Ayu Rahma
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Program Studi
TI
4
NIM
130403010006
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Malang, 28 Juni 1994
6
E-Mail
7
Nomor Telepon/HP
085791908775

B.     Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN Kepanjen 1
SMP Islam Kepanjen
SMA Islam Kepanjen
Jurusan 
-
-
IPS
Tahun Masuk
2001-2007
2007-2010
2010-2013

Semua  data  yang  saya  isikan  dan  tercantum  dalam  biodata  ini  adalah  benar  dan  dapat dipertanggung  jawabkan  secara  hukum.Apabila  dikemudian  hari  ternyata  dijumpai  ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini kami buat  dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan.

Malang, 17 November 2013


Yushinta A.R


Anggota 1
A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap (dengan gelar)
Retno Anggrasari Purnomo
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Program Studi
TI
4
NIM
130403010008
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Malang, 19 Maret 1995
6
E-Mail
Retnoanggra319@yahoo.com
7
Nomor Telepon/HP
085749566450

B.     Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SDN Ngadilangkung 1
SMP Islam Kepanjen
SMA Islam Kepanjen
Jurusan 
-
-
IPA
Tahun Masuk
2001-2007
2007-2010
2010-2013

Semua  data  yang  saya  isikan  dan  tercantum  dalam  biodata  ini  adalah  benar  dan  dapat dipertanggung  jawabkan  secara  hukum.Apabila  dikemudian  hari  ternyata  dijumpai  ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini kami buat  dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan.

Malang, 17 November 2013


Retno A.P
Lampiran 2 (Justifikasi dana kegiatan)
1.      Peralatan Penunjang
No
Investasi
Justifikasi Pemakaian
Harga
Tool
1
Baskom
2
Rp. 30.000
2
Mixer
2
Rp.500.000
3
Timbangan
1
Rp. 150.000
4
Solet
2
Rp.2.000
5
Kompor
1
Rp.500.000
6
Alat pengukus
1
Rp.75.000
7
Alat penyaring
2
Rp.12.000
8
Blender
1
Rp.250.000
9
Panci.
2
Rp. 50.000
10
Kulkas
1
Rp.5.000.000
11
Meja
1
Rp. 500.000
12
Kain Lap
5
Rp.15.000
SUB TOTAL
Rp.7.084.000

2.      Bahan Habis Pakai
No
Investasi
Justifikasi Pemakaian
Satuan
Harga
Bahan
1
Ubi Jalar ungu
10
kg
Rp.100.000
2
Susu/Santan
5
liter
Rp.75.000
3
Gula Pasir
3
kg
Rp.30.000
4
Kuning Telur
20
butir
Rp.50.000
5
Garam.
1
bungkus
Rp.1.000
SUB TOTAL
Rp.226.000

3.      Perjalanan
No
Material
Justifikasi Pemakaian
Satuan
Harga
1
Bensin
10
Liter
Rp.100.000
SUB TOTAL
Rp.100.000

4.      Lain-lain
No
Material
Justifikasi Pemakaian
Satuan
Harga
1
Pamflet dan Poster
10
-
Rp.500.000
2
Brosur
50
Lembar
Rp.75.000
3
Promosi
1
-
Rp.50.000
SUB TOTAL
Rp.625.000


Lampiran 3 (Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas)
No
Nama/NIM
Program Study
Bidang Ilmu
Alokasi Waktu (Jam/Minggu)
Uraian Tugas
1
Yushinta Ayu Rahma /130403010006
TI
Pendidikan
30Jam
Bertanggung jawab dan Mengatur jalannya semua keigatan yang dilkasnakan.
2
Retno Anggrasari Purnomo /130403010008
TI
Pendikan
29 Jam
Menyusun logbooknkegiatan dan pembukuan keungan selama kegiatan.

    




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar